BAB I
PENDAHULUAN
LatarBelakang
Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi
telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi
dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat "
Zaman Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu
yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas
ini kita harus dapat memanfaatkannya.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan
adalah komputer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun
komputer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan komputer dimana
saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan
design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila
orang ingin menggunakan komputer maka hanya bisa dikantor atau dirumah, kalau
sekarang mereka bisa menggunakan komputer tersebut dimana saja yang mereka
inginkan.
Komputer yang
kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan
melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer
mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus –
ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai alat
perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan
pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat
hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh
Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometeroleh Charles Xavier
Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles
Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith
pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga
listrik.
RUMUSAN MASALAH
Apakah
pengertian komputer?
Apakah
tujuan pokok dari sistem komputer?
Sebutkan
sejarah parkembangan komputer?
Sebutkan
elemen-elemen komputer?
Sebutkan
unit-unit organisasi komputer?
Sebutkan
struktur dan fungsi organisasi komputer?
Sebutkan
penggolongan komputer?
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A. DEFINISI
DAN SISTEM KOMPUTER
DEFINISI KOMPUTER
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap
orang.Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang
berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang
mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai
dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil
pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan
menurut
Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi
data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara
otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan
output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang
komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu
peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan
informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat
menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. Dari
definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan
data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer
dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data
processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu
kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau
gabungan dari ketiganya.Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu
diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam
bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi.
Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data
yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu,
pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk
yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat
elektronik, yaitu komputer.
SISTEM KOMPUTER
Supaya
komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem
yang disebut dengan sistem komputer.Secara umum, sistem terdiri dari
elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk
melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan
pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi
sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras
(hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah
peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia
yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga
elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu
kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa,
hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat
berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
B.
SEJARAH KOMPUTER DAN ELEMEN KOMPUTER
SEJARAH
KOMPUTER
Secara
luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang
terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu
dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan
data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU,
Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat
melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar
monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam
definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer”
adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”
Saat
ini, komputer sudah semakin canggih.Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil,
secanggih, sekeren dan seringan sekarang.Dalam sejarah komputer, ada
beberapa generasi dalam sejarah komputer.
Sejarah Komputer menurut periode /
generasi.
• Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
• Komputer Generasi Pertama
• Komputer Generasi Kedua
• Komputer Generasi Ketiga
• Komputer Generasi Keempat
• Komputer Generasi Kelima
• Komputer Masa Depan
• Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
• Komputer Generasi Pertama
• Komputer Generasi Kedua
• Komputer Generasi Ketiga
• Komputer Generasi Keempat
• Komputer Generasi Kelima
• Komputer Masa Depan
Komputer
sebagai Alat Hitung Tradisional
Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak.Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.Seiring dengan munculnya pensil dan kertas,terutama di Eropa,abacus kehilangan popularitasnya.
Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak.Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.Seiring dengan munculnya pensil dan kertas,terutama di Eropa,abacus kehilangan popularitasnya.
Setelah
hampir 12 abad,muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.Pada tahun 1642,
Blaise Pascal (1623-1662),yang pada waktu itu berumur 18 tahun,menemukan apa
yang dia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator)
untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak
persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline,menggunakan delapan roda putar
bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.Alat ini merupakan
alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.Kelemahan alat ini adalah hanya
terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Pada
Tahun 1694,seorang matematikawan dan filsuf Jerman,Gottfred Wilhem von Leibniz
(1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan.Sama seperti pendahulunya,alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi.Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang
dibuat oleh Pascal,Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Barulah
pada tahun 1820,kalkulator mekanik mulai populer.Charles Xavier Thomas de
Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik
dasar.Kalkulator mekanik Colmar,arithometer,mempresentasikan pendekatan yang
lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan
penjumlahan,pengurangan,perkalian,dan pembagian. Dengan
kemampuannya,Arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama
dengan Pascal dan Leibniz,Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal
mula komputer
yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris,Charles
Babbage (1791-1871). Tahun 1812,Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin
mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas
yang sama berulangkali tanpa kesalahan,sedang matematika membutuhkan repetisi
sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu.Masalah tersebut kemudain
berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab
kebutuhan mekanik.Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul
pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan
persamaan differensial.Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial.Dengan
menggunakan tenaga uap,mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat
melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah
bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama,yang
disebut Analytical Engine.Asisten Babbage,Augusta Ada King (1815-1842) memiliki
peran penting dalam pembuatan mesin ini.Ia membantu merevisi rencana,mencari
pendanaan dari pemerintah Inggris,dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical
Engine kepada publik.Selain itu,pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini
memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga
membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama.Pada tahun 1980,Departemen
Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA
sebagai penghormatan kepadanya.
Mesin
uap Babbage,walaupun tidak pernah selesai dikerjakan,tampak sangat primitif
apabila dibandingkan dengan standar masa kini.Bagaimanapun juga,alat tersebut
menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan
sebuah konsep penting.Terdiri dari sekitar 50.000 komponen,disain dasar dari
Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang
berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.
Pada
Tahun 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu
perforasi untuk melakukan penghitungan.Tugas pertamanya adalah menemukan cara
yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika
Serikat.Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh
tahun untuk menyelesaikan perhitungan.Dengan berkembangnya populasi,Biro
tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan
perhitungan sensus.
Hollerith
menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah
oleh alat tersebut secara mekanik.Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80
variabel.Dengan menggunakan alat tersebut,hasil sensus dapat diselesaikan dalam
waktu enam minggu.Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan,kartu
tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data.Tingkat kesalahan perhitungan
juga dapat ditekan secara drastis.Hollerith kemudian mengembangkan alat
tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas.Ia mendirikan Tabulating Machine
Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine
(1924) setelah mengalami beberapa kali merger.Perusahaan lain seperti Remington
Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha
bisnis.Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk
permrosesan data hingga tahun 1960.
Pada
masa berikutnya,beberapa Insinyur membuat penemuan baru lainnya.Vannevar Bush
(1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan
differensial di tahun 1931.Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan
differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan
akademisi.Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros
yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.Pada tahun 1903,John V. Atanasoff
dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar
Boolean pada sirkuit elektrik.Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George
Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar,yang menyatakan bahwa setiap
persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.Dengan
mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk
terhubung-terputus,Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di
tahun 1940.Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua,negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut
berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang
dimiliki komputer.Hal ini tentu saja meningkatkan pendanaan pengembangan
komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.Pada tahun 1941,Konrad
Zuse,seorang insinyur Jerman membangun sebuah Komputer Z3,untuk mendisain
pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer.Pada
Tahun 1943,pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode Rahasia yang
dinamakan Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan
Jerman.Dampak pembuatan Colossus ini tidak terlalu mempengaruhi perkembangan
industri komputer dikarenakan dua alasan.Pertama,colossus bukan merupakan
komputer serbaguna general-purpose computer),ia hanya didisain untuk memecahkan
kode rahasia.Kedua,keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu
dekade setelah perang berakhir.
Usaha
yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan
lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja sama
dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.Kalkulator
tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang
kabel sepanjang 500 mil.The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled
Calculator,atau Mark I,merupakan komputer relai elektronik.Ia menggunakan
sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik.Mesin tersebut
beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan)
dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).Kalkulator tersebut
dapat melakukan perhitungan Aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan
komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator And Computer
(ENIAC),yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan
University of Pennsylvania.Terdiri dari 18.000 tabung vakum,70.000 resistor,dan
5 juta titik solder,Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang
mengkonsumsi daya sebesar 160kW.Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert
(1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980),ENIAC merupakan komputer serbaguna
(general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark
I.Pada pertengahan tahun 1940-an,John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan
Tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer
yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.
Von
Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada
tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.Teknik
ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian
melanjutkan pekerjaannya kembali.Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit
pemrosesan sentral (CPU),yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk
dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.Pada Tahun 1951,UNIVAC I (Universal
Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand,menjadi komputer
komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.Baik
Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC.Salah satu
hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam
memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun
1952.
Komputer
Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat
secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program
kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language).Hal ini
menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.Ciri lain
komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer
pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk
penyimpanan data.
Pada
tahun 1948,penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.
Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi,radio,dan
komputer.Akibatnya,ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor
mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956.Penemuan lain yang
berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer
generasi kedua yang lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat diandalkan,dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya.Mesin pertama yang memanfaatkan
teknologi baru ini adalah superkomputer.IBM membuat superkomputer bernama
Stretch,dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.Komputer-komputer ini,
yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom,dapat menangani sejumlah besar
data,sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.Mesin tersebut
sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis,
sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan
digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,California,dan yang
lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.Komputer
generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.Bahasa Assembly
adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode
biner.
Pada
awal tahun 1960-an,mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di
bidang bisnis,di Universitas,dan di pemerintahan.Komputer-komputer generasi
kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor.Mereka juga
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat
ini: printer,penyimpanan dalam disket,memory,sistem operasi,dan program.Salah
satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara
luas di kalangan industri.Pada tahun 1965,hampir seluruh bisnis-bisnis besar
menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program
yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan
kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis.Dengan konsep
ini,komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan
desain produk atau menghitung daftar gaji.Beberapa bahasa pemrograman mulai
bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language
(COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata,kalimat,dan
formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.Hal ini memudahkan
seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.
Berbagai
macam karir baru bermunculan (programmer,analyst,dan ahli sistem
komputer).Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada
masa komputer generasi kedua ini.
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum,namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar,yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian
internal komputer.Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.Jack
Kilby,seorang insinyur di Texas Instrument,mengembangkan sirkuit terintegrasi
(IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen
elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir
kuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen
ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Hasilnya, komputer
menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam
chip.Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi
(operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program
yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk
memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
·
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Setelah
IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip.Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale
Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.Kemampuan untuk
memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah
keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.Hal tersebut
juga meningkatkan daya kerja,efisiensi dan juga kehandalan komputer.Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan
seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,memori,dan
kendali input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil.Sebelumnya,IC dibuat
untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang,sebuah
mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh
kebutuhan yang diinginkan.Tidak lama kemudian,setiap perangkat rumah tangga
seperti microwave oven,televisi,dan mobil dengan electronic fuel injection
dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan
yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer
biasa.Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau
lembaga pemerintah.Pada pertengahan tahun 1970-an,perakit komputer menawarkan
produk komputer mereka ke masyarakat umum.Komputer-komputer ini,yang disebut
minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh
kalangan awam.Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program
word processing dan spreadsheet.Pada awal 1980-an,video game seperti Atari 2600
menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat
diprogram.Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC)
untuk penggunaan di rumah, kantor,dan sekolah.Jumlah PC yang digunakan melonjak
dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982.Sepuluh
tahun kemudian,65 juta PC digunakan.Komputer melanjutkan evolusinya menuju
ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang berada di atas meja (desktop
computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),atau
bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM
PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer.Apple
Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya,
sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.Macintosh
juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada
masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU:
IBM PC/486,Pentium,Pentium II,Pentium III,Pentium IV (Serial dari CPU buatan
Intel). Juga kita kenal AMD k6,Athlon,dsb.Ini semua masuk dalam golongan
komputer generasi keempat.Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di
tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan.Seiring
dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,komputer-komputer tersebut dapat
dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi
memori,piranti lunak,informasi,dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu
dengan yang lainnya.Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk
membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.Dengan
menggunakan perkabelan langsung,yang disebut juga Local Area Network (LAN),atau
kabel telepon,jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Mendefinisikan
komputer generasi kelima (ke-V) menjadi cukup sulit karena tahap ini masih
sangat muda.Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi
HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL
menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi
kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup
memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan
visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun
mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan,banyak fungsi-fungsi yang
dimilikinya sudah terwujud.Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara
lisan dan mampu meniru nalar manusia.Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa
asing juga menjadi mungkin.Fasilitas ini tampak sederhana.Namun fasilitas
tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari
bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada
sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak
kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan
komputer generasi kelima.Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan
pemrosesan paralel,yang akan menggantikan model von Neumann.Model von Neumann
akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk
bekerja secara serempak.Kemajuan lain adalah Teknologi Superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,yang nantinya dapat
mempercepat kecepatan informasi.
Jepang
adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer
generasi kelima.Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga
dibentuk untuk merealisasikannya.Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini
telah gagal,namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di
dunia.Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
Dengan
Teknologi Komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan
bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita
seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan
komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat
dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan
menjadi manusia tiruan.Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian
sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan
oleh komputer yang akan datang.Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang
mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan
program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin
membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
C.
ELEMEN KOMPUTER
1.Hardware
Perangkat keras (hardware) merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras.Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
Terdapat beberapa komponen dasar komputer yang wajib dimiliki agar beroprasi dengan baik.
Perangkat keras (hardware) merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras.Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
Terdapat beberapa komponen dasar komputer yang wajib dimiliki agar beroprasi dengan baik.
perangkat
keras yang wajib dimiliki adalah:
a.
monitor : perangkat keras yang berguna untuk memvisualisasikan output dari
proses yang terjadi di PC,
b. Keyboard : alat input terpenting yang digunakan untuk memasukkan karakter huruf, angka, maupun perintah-perintah khusus ke komputer.
c. Motherboard : tempat melekatnya berbagai komponen komputer. Motherboard sebagai media komunikasi antara CPU, memory, BIOS, CMOS, perangkat video, perangkat suara, perangkat penyimpan data, Chipset, dan masih banyak lagi.
d. Memory : dimanfaatkan untuk menyimpan data secara sementara atau dalam jangka watu yang lama. RAM adalah jenis perangkat yang sangat menentukan kinerja komputer. Pada saat pertama kali komputer dinyalakan proses yang terjadi adalah inisialisai semua perangkat dan selanjutnya informasi ini akan disimpan di RAM.
RAM memiliki banyak fungsi, akan tetapi yang terpenting adalah menimpan hasil eksekusi programdan sistem driver dari perangkat keras yang digunakan.
e. Harddisk : media penyimpanan yang dibangun dari satu atau lebih piringan metal yang diatur secara horizontal terhadap poros putaran piring tersebut.
2.software
Software (perangkat lunak, merupakan program-program
komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang
dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh
komputer.
Software terdiri dari beberapa jenis,
yaitu:
·
Sistem Operasi, seperti DOS, Unix,
Linux, Novell.OS/2,Windows, adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan
seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat
saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat
difungsikan sama sekali.
- Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll. Program utility barfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintaah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah di hapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
- Program Aplikasi, seperti GL,MYOB,Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya.
- Program Paket, seperti Microsoft office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian adminstrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
- Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic dll. Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll.
Perangkat Lunak Aplikasi
- Pengolah Kata
- Contoh : Word Star, Chi Writer, Ms Word, dll
- Spread Sheet
- Contoh : Lotus, Excel, SPSS, dll
- DBMS
- Contoh : Dbase, Access, FoxPro, dll
- Multimedia
- Contoh : Media Player, Winamp, Pinnacle Studio, dll
- Aplikasi Games
- Contoh : Mini Games, Heavy Games, dll
3.Brainware
Brainware
adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di
dalam komputer.Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan
dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.
Brainware
termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer.Hardware tidak dapat
bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat
bekerja tanpa adanya Brainware.Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling
membutuhkan.
Konsep
Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak
bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus
memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer.Setelah program tersimpan
di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di
dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.
- Konsep Tri Tunggal
Komponen
Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal
check yang memadai, yaitu :
- Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
- Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
- Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
- Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.
- Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. Bisa disebut juga Mandor .
- Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
- Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.
- Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
- Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.
- System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal
C.ORGANISASI DAN
PENGGOLONGAN KOMPUTER
ORGANISASI
KOMPUTER
Sebelum
kita memasuki materi ini, sebaiknya kita mengerti yang dinamakan Organisasi
Komputer itu sendiri.Organisasi Komputer
mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer
danhubungan antara komponen sistem komputer.Contoh: sinyal kontrol, interface,
teknologi memori, sedangkan kita juga mengenal Arsitektur
Komputer yang mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait
dengan seorang programmer.Contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan,
teknik pengalamatan, mekanisme Input Output.
Mari kita mulai bahasan Organisasi Komputer dengan mengetahui dahulu, unit - unit pada komputer , yang terdiri atas :
Unit Masukan
Unit Keluaran
Unit Pemroses data
Unit Penyimpan data
Kemudian, Organisasi Komputer mempunyai Struktur dan Fungsi yaitu :
- Struktur komputer adalah cara komponen - komponen komputer saling terkait dan berhubungan
- Fungsi komputer adalah operasi masing - masing komponen sebagai bagian dari struktur
Mari kita mulai bahasan Organisasi Komputer dengan mengetahui dahulu, unit - unit pada komputer , yang terdiri atas :
Unit Masukan
Unit Keluaran
Unit Pemroses data
Unit Penyimpan data
Kemudian, Organisasi Komputer mempunyai Struktur dan Fungsi yaitu :
- Struktur komputer adalah cara komponen - komponen komputer saling terkait dan berhubungan
- Fungsi komputer adalah operasi masing - masing komponen sebagai bagian dari struktur
yang terdiri atas CPU
, Main Memory , Sistem Interconnection , dan Input Output.
Fungsi dari CPU ( Central Processor Unit ) yakni , sebagai unit proses pada komputer, dan memproses data .
Fungsi Main Memory, adalah sebagai tempat penyimpanan sementara data - data yang sedang beroperasi.
Fungsi Sistem Interconnection yakni, untuk menghubungan diantara ketiga elemen CPU - Main Memory - Input Output untuk disinkronisasikan dan dijalankan oleh komputer.
Fungsi Input untuk memasukkan sesuatu data melalui perangkat input yakni, keyboard, scanner, USB , camera, recorder, dan lainnya, sedangkan Output yaitu segala sesuatu yang berupa keluaran ( Output ) , seperti : Layar , In Focus, Proyektor, dan sebagainya.
Fungsi dari CPU ( Central Processor Unit ) yakni , sebagai unit proses pada komputer, dan memproses data .
Fungsi Main Memory, adalah sebagai tempat penyimpanan sementara data - data yang sedang beroperasi.
Fungsi Sistem Interconnection yakni, untuk menghubungan diantara ketiga elemen CPU - Main Memory - Input Output untuk disinkronisasikan dan dijalankan oleh komputer.
Fungsi Input untuk memasukkan sesuatu data melalui perangkat input yakni, keyboard, scanner, USB , camera, recorder, dan lainnya, sedangkan Output yaitu segala sesuatu yang berupa keluaran ( Output ) , seperti : Layar , In Focus, Proyektor, dan sebagainya.
CPU terdiri atas,
Register, ALU , Internal CPU Interconnection, dan Control Unit.
Register adalah segala sesuatu yang bergubungan dengan pengoperasian pada CPU.
ALU ( Arithematic and Logic Unit ) , adalah unit yang mengatur perhitungan dan operasi-operasi perhitungan seperti : penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakaran, dan sebagainya.
Internal CPU Interconnection, yaitu bagian yang mengatur kinerja dalam lingkup CPU , sama halnya dengan sistem interconnection pada komputer yang menyelaraskan antar komponen.
Demikian materi kami untuk kali ini, terima kasih atas perhatian anda .Jika anda mempunyai kritik dan saran dapat anda sampaikan kepada kami lewat kotak komentar dibawah ini.
Register adalah segala sesuatu yang bergubungan dengan pengoperasian pada CPU.
ALU ( Arithematic and Logic Unit ) , adalah unit yang mengatur perhitungan dan operasi-operasi perhitungan seperti : penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakaran, dan sebagainya.
Internal CPU Interconnection, yaitu bagian yang mengatur kinerja dalam lingkup CPU , sama halnya dengan sistem interconnection pada komputer yang menyelaraskan antar komponen.
Demikian materi kami untuk kali ini, terima kasih atas perhatian anda .Jika anda mempunyai kritik dan saran dapat anda sampaikan kepada kami lewat kotak komentar dibawah ini.
PENGGOLONGAN
KOMPUTER
Banyak
sekali literatur yang menggolongkan komputer, tapi disini berdasarkan
literature terbaru komputer dapat digolongkan berdasarkan empat hal yaitu data
yang diolah, penggunaan, bentuk dan ukuran serta generasinya. Berikut adalah
penjelasannya dari penggolongan tersebut :
1.
Data yang diolah
- Computer analog
Computer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinyu dan parallel. Biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya computer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara dan voltase listrik. - Computer digital
Computer digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf dan angka serta karakter khusus). Biasanya memerlukan bahasa perantara. Salah satunya adalah computer PC. - Computer hybrid
Computer ini merupakan kombinasi antara computer analog dan digital, contohnya facsimile.
2.
Penggunaan
- Computer untuk tujuan khusus
(special purpose computer)
Digunakan secara umum, misalnya untuk pengolahan grafis, pengolahan multimedia, pengolahan database dan pengolahan program lainnya. - Computer untuk tujuan umum
(general purpose computer)
Digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi kerja saja misalnya server PC router atau terminal dumb.
3.
Generasi
Computer
terbagi menjadi beberapa generasi sebagai berikut :
- Computer generasi pertama (1946-1959)
- Computer generasi kedua (1959-1964)
- Computer generasi ketiga (1964-1970)
- Computer generasi keempat (1970-sekarang)
- Computer generasi kelima (sekarang)
4. Bentuk
dan ukuran
- Supercomputer : Computer ini merupakan jenis computer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan perhitungan sangat kompleks. Karena bentuk dan harganya relative mahal, computer ini jarang kita temui. Biasanya digunakan di universitas, pemerintah dan perusahaan besar.
- Mainframe computer : Jenis computer yang digunakan pada lingkungan ketika pengguna memerlukan akses untuk menjalankan program dan memakai data secara bersama-sama. Biasanya, computer jenis ini banyak digunakan sebagai server-e-commerce uang melayani transaksi melalui internet.
- Minicomputer : Computer jenis ini lebih kecil dari computer mainframe, tetapi lebih besar dari jenis microcomputer. Biasanya memiliki beberapa terminal. Computer jenis ini digunakan sebagai server jaringan computer atau server internet.
- Workstation computer : Computer singe-user (digunakan oleh satu orang) yang sangat powerfull. Biasanya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan perhitungan kompleks dan pekerjaan yang berat, misalnya pembuatan animasi computer.
- Microcomputer/personal computer (PC) : Merupakan jenis computer pribadi yang digunakan oleh satu orang, yang kinerjanya bergantung pada kebutuhan. Jenis computer ini mencakup desktop komputer, laptop dan PDA.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
KESIMPULAN
Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada
awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti
yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai
alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin
hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus
berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan
penelitian.
Oleh karena itu, kata dasar komputer berasal dari kata “compute”
yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat penghitung.
Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage,
kecerdasannya logika matematikanya yang sangat sepesial membuatnya mampu
menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada
tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan
umum.
Diantara
teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah
computer.Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer
selalu mengalami perkembangan.sekarang Orang bisa menggunakan computer dimana
saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan
design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila
orang ingin menggunakan computer maka hanya bisadikantor atau dirumah, kalau
sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka
inginkan
yaitu computare yang berarti menghitung (to
compute atau to reckon).
Komputer sejak pertama kali
ditemukan oleh manusia hanya dipergunakan sebagai alat hitung dan pada generasi
berikutnya komputer dipergunakan sebagai
alat mempermudah dalam pekerjaan, contoh : seseorang mempergunakan komputer
untuk membuat proposal, makalah, cerpen, dan lain-lain sehingga seseorang
tersebut bisa mempermudah pekerjaannya tanpa menulis dengan tangan sendiri.
Kita fokuskan pada dunia IT yang
sekarang semakin maju karena pengaruh globalisasi dan sekarang saatnya kita
sebagai generasi muda harus menciptakan konsep untuk teknologi masa depan
dengan berinovasi atau berkreasi dalam dalam dunia IT, contoh : kita mempunyai
ide untuk menciptakan “Hybrid System”
komputer dengan tanpa menyentuhnya,
0 komentar:
Posting Komentar